Beranda > Uncategorized > Bekasi Bersih Partisipasi Blogger | Penanganan Sampah Bekasi

Bekasi Bersih Partisipasi Blogger | Penanganan Sampah Bekasi


Bekasi Bersih Partisipasi Blogger | Penanganan Sampah Bekasi

“Bekasi Bersih Partisipasi Blogger” merupakan ajakan dari Blogger bekasi dan Pemkot Bekasi dalam Sosialisasi Bekasi bersih lewat Partisipasi Blogger.

Penduduk Kota Bekasi

Pertumbuhan penduduk kota Bekasi sudah mulai terlihat sejak  masih berstatus kota kecamatan dan kota administraftif. Pertumbuhan penduduk kota bekasi yang begitu cepat membengkak disebabkan terutama oleh laju pertumbuhan Migrasi. Sebagai contoh di Tahun 2000, laju pertumbuhan penduduk bekasi yang sebesar 5,18 persen.  sebanyak 3,68 persen nya adalah laju pertumbuhan Migrasi. Hal ini disebabkan oleh karena sektor yang paling menonjol di wilayah bekasi adalah sektor Properti. Jumlah penduduk Kota Bekasi pada tahun 2003 mencapai 1.845.005 jiwa yang terdiri dari 930.143 jiwa penduduk laki-laki dan 914.862 jiwa penduduk perempuan.

Pesatnya pertumbuhan penduduk membawa masalah kebersihan  bagi Kota Bekasi terutama dalam pengelolaan sampah. Sampah Kota Bekasi dikelola  oleh Sub Dinas Kebersihan DPU Kota Bekasi. Dan terbatasnya sarana dan prasaranan membuat pelayanan Dinas kebersihan belum mampu membersihkan 100% tumpukan sampah yang ada. Pada Tahun 2003 saja (terlihat dalam tabel) bahwa sampah terangkut hanya sekitar 35% saja

Tabel

Sampah Kota Bekasi

Tempat Pembuangan Akhir di Kota Bekasi terletak di TPA Sumur Batu, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi. Sebelumnya terletak di TPA Bantar Gebang (milik Pemda DKI Jakarta). Persentase komposisi sampah di Kota Bekasi terdiri dari:

  • sampah organik 75 %
  • kertas 8 %
  • kain/textil 1 %
  • karet/kulit tiruan 1 %
  • plastik 9 %
  • metal/logam 2 %
  • gelas kaca 1 %
  • lain-lain 5 %

Kebutuhan Armada Kebersihan Pengangkut Sampah

Sesuai dengan standar kota Metropolitan, yaitu tingkat timbulan sampah sebanyak 0.0035 m3/orang/hari, Kota Bekasi dengan jumlah penduduk 1.845.005 jiwa, menghasilkan 6.457,51m3 timbulan sampah.Jumlah ini didapatkan dari jumlah penduduk x 0.0035 m3/orang/hari.

Distribusi pengangkutan sampah di Kota Bekasi terganjal minimnya armada truk , brikut adalah perhitungan kasar kebutuhan armada pengangkut sampah :

  • Perkiraan timbulan sampah perhari : 6457,51m3/hari
  • Kapasitas angkut rata-rata perhari : 18 m3/hari/kendaraan
  • Ritasi Kendaraan rata-rata perhari : 3 rit/hari/kendaraan
  • Kemampuan daya angkut rata-rata perhari : 6 – 12 m3/hari/kendaraan

Dari data diatas bisa dihitung bahwa jumlah kebutuhan kendaraan angkut sampah Kota Bekasi adalah : (6457,51 : 18)  : 359 unit

Saya tidak memiliki data Jumlah penduduk Kota Bekasi Tahun 2009 dan Jumlah Kendaraan pengangkut sampah yang dimiliki Pemkot Bekasi saat ini, tetapi,  dengan data Tahun 2003 saja terlihat bahwa beban pengelolaan sampah Pemkot Bekasi begitu besar.

Beberapa hal telah dilakukan Oleh Pemkot Bekasi dalam mewujudkan Bekasi Bersih, antara lain dengan proyek Landfill Gas Flaring di TPA Sumur Batu, dimana selain dampak sampah bisa ditekan, juga menghasilkan Pendapatan yang bisa dialokasikan bagi penanganan Masalah sampah. Dengan proyek ini Kota Bekasi malah mempersilahkan kota-kota penyangga lainnya seperti Tangerang untuk membuang sampah organik nya di TPA Sumur Batu ( Baca artikel : Bekasi Besih Bekasi Sehat|Bekasi Bersih Partisipasi Blogger)

Partisipasi Blogger kali ini adalah mensosialisaikan kegiatan anjangsana amprokan Blogger 2010 yang diselenggarakan oleh Blogger Bekasi dan Pemkot Bekasi. Semoga Bekasi Bersih lewat Partisipasi Blogger akan lebih mudah tercapai

“Bekasi Bersih Partisipasi Blogger” adalah keyword lomba penulisan “Live Blogging Contest yang diadakan Oleh Blogger Bekasi dengan dukungan Penkot Bekasi.

Sumber Data : BPS Bekasi, PU Cptakarya Bekasi

  1. kangtatang
    April 3, 2010 pukul 12:19 am

    Hem.. keren😀 data serta statistik yang lengkap tentang Kota Bekasi🙂
    mantap!

    salam
    kangtatang

  2. April 6, 2010 pukul 1:06 am
  3. April 20, 2010 pukul 5:16 pm

    ampun guru kami ditak sanggup lagi kalao terus menerus begini bau menyengat, nyamuk tak terhingga, tak ada foging, tolong pak dpr sampah di bantar gebang ditutup aja sudah tidak memadai. jangan asal yang berkepentingan dapat banyak uang tidak peduli dengan yang lain, kami juga manusia pak.

    • April 20, 2010 pukul 5:23 pm

      kapan sampah bekasi ditutup pak kami ga mampu lagi menahan derita bau sampah. kenapa ga ada foging di bantar gebang sumur batu.padahal disana biang nyamuk

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: